Perubahan Ibu Hamil

Perubahan Ibu Hamil. Beriringan dengan proses proses pertumbuhan janin di tubuh sang calon ibu maka hal ini akan menyebabkan beberapa perubahan pada ibu hamil dan sang calon ibu tersebut. Perubahan yang mendasar yang terjadi pada ibu hamil tersebut akan berdampak pada kehidupan calon ibu.

perubahan ibu hamil, Blog Keperawatan

Banyak perubahan-perubahan yang terjadi bila seorang wanita hamil. Tentunya yang pasti berbeda dengan wanita lainnya yang tidak hamil. Perubahan ini tentunya akan terjadi pada setiap ibu hamil, hanya saja respon dari masing-masing ibu hamil yang berbeda. Karena kita dapati banyak ibu hamil yang merasakan mual muntah, pusing dalam kehamilan terutama pada trimester pertama. tetapi mual muntah pada trimester pertama kehamilan tidak selalu terjadi pada setiap ibu hamil.

Perubahan pada kehamilan memang berbeda dalam tiap mengandung masing-masing anak. Ini adalah pengalaman istri saya sendiri bahwasannya pada kehamilan anak pertama kali istri tidak mengalami berbagai macam rasa seperti halnya mual, pusing tetapi pada kehamilan istri yang kedua yang sedang dijalani dan Insya Allah pada 2 bulan awal ini seringkali merasakan pusing, seringkali mual. Memang tiap kehamilan yang dirasakan berbeda.

Dan perubahan ibu hamil tersebut diantaranya yaitu :
  1. Perubahan Pertama. Perubahan ibu hamil yang pertama adalah dalam hal perubahan fisik dimana rahim ibu hamil akan menjadi lebih besar dan salah satu efek yang ditimbulkannya adalah sering berkemih serta juga rasa tidak nyaman di sekitar perut bagian bawah. Payudara juga membesar serta puting susu menjadi sensitif dan mudah terasa nyeri.
  2. Perubahan Kedua. Perubahan ibu hamil yang kedua adalah dalam hal perubahan dalam sistem hormonal dan kekebalan tubuh. Adanya hormon HCG menyebabkan ibu mual-mual dan ini semakin parah bila kehamilannya kembar. Kadar hormon progesteron yang tinggi menyebabkan ibu hamil ingin tidur karena hormon ini membuat otak ibu beristirahat.
  3. Perubahan Ketiga. Perubahan ibu hamil yang ketiga adalah dalam hal perubahan emosi atau kejiwaan. Ibu hamil akan merasa lebih mudah tersinggung, ingin selalu diperhatikan dan dituruti apa pun kemauannya, dan kadang-kadang timbul yang seringkali di masyarakat disebut dengan 'ngidam' (keinginan yang berlebihan akan sesuatu atau tidak ingin sesuatu yang biasanya disukai).
Demikian tadi sahabat sedikit mengenai perubahan ibu hamil. Dan semoga bisa berguna serta dapat bermanfaat.

0 Response to "Perubahan Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel