Tips Tidur Bagi Penderita Insomnia

Tips Tidur Bagi Penderita Insomnia - Tips Tidur Yang Baik Bagi Insomnia Bagi para penderita atau pun yang seringkali mengalami insomnia tentunya kebutuhan tidur adalah salah satu kubutuhan yang bisa dijadikan kebutuhan pokok yang sulit sekali untuk didapatkan dan diraih. Insomnia adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami gangguan susah tidur dan atau kurangnya waktu istirahat karena rutinitas yang memaksa seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan dan karena terbiasa. Demikian kurang lebih yang dimaksud dengan pengertian insomnia.

Kebutuhan tidur manusia dewasa dalam seharinya yang kita kenal adalah berkisar kurang lebih selama 8 jam. Dengan kita beristirahat dan terpenuhi akan kualitas tidur dan juga dalam kwalitas tidur maka produktifitas kita dalam melaksanakan pekerjaan serta aktifitas kita sehari-hari akan lebih baik dibanding dengan orang yang kualitas kwantitas tidurnya berkurang. Kali ini Blog Keperawatan akan mencoba share sedikit mengenai tips tidur bagi insomnia Susah Tidur dan semoga bisa berguna serta dapat memberikan manfaat.

Tips Tidur Yang Baik Bagi Insomnia

Insomnia atau susah tidur sebenarnya sangat tidak baik untuk kesehatan terutama hati (liver). Selain hati masih banyak pengaruh buruk dampak negatif insomnia bagi kesehatan. Bagi kesehatan hati kita ada penelitian bahwa orang yang tidur larut malam rawan terkena kanker hati, karena hati akan bekerja maksimal saat kita tidur antara pukul 11 malam – jam 3 malam, jadi jika kita tidur sangat larut, maka hati tidak bisa bekerja maksimal dan hal ini bisa menyebabkan kanker .

Orang-rang yang menderita sulit tidur / susah tidur atau seringkali disebut dengan insomnia dalam dunia medis bila dibiarkan berlarut-larut maka tidak akan baik efeknya bagi kesehatan kita sendiri. Untuk itu bagi para penderita insomnia ini membutuhkan tips dan trik agar bisa tidur dengan baik sehingga kualitas tidur kita bisa lebih baik lagi dan kesehatan kita pun pada akhirnya akan lebih terjaga.

Berikut adalah beberapa tips trik tidur bagi insomnia dan diantaranya yaitu :
  1. Usahakan kita mempunyai jam waktu tidur yang teratur terlebih pada waktu malam hari. Karena dengan keteraturan dan juga kebiasaan tidur tepat waktu akan bisa sebagai therapi bagi para insomnia untuk bisa lebih baik lagi kualitas tidurnya teritama pada waktu malam hari.
  2. Sebelum kita beranjak ke tempat tidur untuk beristirahat usahakan untuk menghindari makan dan minum yang terlalu banyak. Makan malamlah sekitar kurang lebih 2 jam sebelum tidur gar pencernaan juga btelah bekerja sebelum beranjak tidur, hindari pula minum terlalu banyak karena bisa jadi di tengah-tengah waktu tidur kita terbangun karena ingin kencing sehingga waktu tidur kita terpotong.
  3. Hindari penggunaan nikotin, kafein, dan minuman beralkohol pada malam hari. Terlebih pada saat hendak beranjak tidur. Hal tersebut dapat merangsang kamu tetap terbangun. Perokok sering mengalami gejala witdrawal di malam hari. Hindari kafein paling tidak 8 jam sebelum tidur. Tubuh anda tidak menyimpan kafein, tapi perlu waktu lama untuk menghilangkan rangsangan dan efek dari kafein tersebut. Alkohol, meskipun sering dipercaya bahwa alkohol bisa menjadi obat penenang, tapi sebenarnya alkohol dapat mengganggu tidur.
  4. Membuat suasana kamar tidur kta dingin, gelap, tenang dan nyaman. Ciptakan ruangan yang nyaman untuk tidur, atur tingkat pencahayaan, suhu, kelembaban, sesuai pilihan yang kita inginkan. Gunakan kelambu, penutup mata, penutup telinga, selimut, kipas angin, alat pelembab udara atau alat lainnya guna menciptakan suasana nyaman bagi para insomnia
  5. Menggunakan alas tidur dan bantal yang nyaman. Pemilihan tempat tidur berbeda-beda tiap orang. Tapi kita harus bisa memastikan bahwa alas tidur dan bantal adalah yang membuat kita nyaman dalam beristirahat.
  6. Melakukan beberapa rutinitas ringan sebelum tidur. Sebelum tidur lakukanlah rutinitas yang mungkin bisa membantu tidur seperti, latihan pernafasan, membaca buku, mendengarkan musik, dan lain-lain.
Semoga tips tidur yang baik terutama bagi penderita insomnia yang mengalami susah tidur tersebut bisa bermanfaat dan juga berguna. Sehingga bila kebutuhan tidur terpenuhi dengan baik maka efektifitas kerja dan produktifitas kita dalam menjalankan aktifitas sehati-hari akan lebih baik lagi dan pekerjaan kita pun akan bisa terselesaikan dengan baik pula.

0 Response to "Tips Tidur Bagi Penderita Insomnia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel