Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung Koroner.Penyakit Jantung Koroner adalah suatu manifestasi khusus dan juga aterosklerosis (penumpukan plak)pada pembuluh darah arteri koroner dan hal ini berakibat kepada pasokan darah yang kaya akan oksigen yang dialirkan ke otot - otot jantung mengalami hambatan.Postingan mengenai penyakit jantung koroner dibuat karena ada sobat blogger yang menanyakannya pada postingan sebelumnya mengenai hal mencegah jantung koroner.

Penyakit Jantung Koroner adalah akibat dari penumpukan plak.Plak itu sendiri adalah terdiri dari lemak, kolesterol, kalsium, dan zat lain yang ditemukan didalam darah. Ketika plak tersebut menumpuk di dalam arteri, kondisi ini disebut aterosklerosis. Penumpukan plak ini bisa terjadi dalam waktu yang lama.

penyakit jantung koroner,Blog Keperawatan

Plaque / plak ini terbentuk pada percabangan arteri yang ke arah arteria koroner kiri, arteri koroneri kanan dan agak jarang pada arteri sirkumflex. Aliran darah ke distal dapat mengalami obstruksi secara permanen maupun sementara yang di sebabkan oleh akumulasi plaque atau penggumpalan. Seiring dengan perjalanan waktu dari tahun ke tahun, plak ini akan mengeras dan menyempit pada pembuluh darah arteri koroner. Hal inilah yang menyebabkan aliran darah yang kaya oksigen ke otot jantung akan terbatas.

Akhirnya, daerah plak dapat pecah (membuka). Hal tersebut akan menyebabkan bekuan darah terbentuk pada permukaan plak. Jika bekuan menjadi cukup besar, bisa sebagian besar atau benar-benar memblokir dan menghambat aliran darah melalui arteri koroner.Jika aliran darah yang kaya oksigen ke otot jantung berkurang atau terhambat, maka nyeri dada / angina pektoris atau serangan jantung dapat terjadi pada diri seseorang.

Nyeri dada ini dirasakan pasien dalam sensasi yang berbeda-beda. Pasien ada yang mengatakan bahwa sensasi nyeri dada ini seperti diremas-remas, rasa terbakar, ditindih benda berat.Nyeri dada dirasakan pada bahu, lengan, leher, rahang, atau punggung. Nyeri angina pektoris ini pada beberapa pasien dirasakan seperti gangguan pencernaan (maag) karena dirasakan pada daerah ulu hati. Inilah yang disebut dengan penyakit jantung koroner.

Bila hal ini dibiarkan berlanjut dan tidak segera ditangani secara benar, tepat dan cepat akan berakibat kepada apa yang banyak orang sebut dengan serangan jantung. Sebuah serangan jantung terjadi jika aliran darah yang kaya oksigen ke bagian otot jantung tiba-tiba menjadi tersumbat. Jika aliran darah tidak dipulihkan dengan cepat, bagian dari otot jantung mulai mati. Tanpa pengobatan yang cepat dan tepat, serangan jantung ini akan berakibat fatal karena bisa menimbulkan kematian.

penyakit jantung koroner termasuk penyakit jantung yang paling umum terjadi.Di negeri Paman Sam Amerika Serikat bahkan hal ini merupakan penyakit pembunuh nomor wahid penyakit jantung koroner ini.Untuk itulah memang sebaiknya mencegah jantung koroner adalah lebih baik daripada mengobatinya.

0 Response to "Penyakit Jantung Koroner"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel